BAB
1
SISTEM
KOMPUTER MINIMAL
komputer
kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input
terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan
secara internal
dan
memberikan informasi output hasil.
1) Hardware
(perangkat keras),merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat
dan rasakan.
a)
Input/Output Device (I/O
Device),
terdiri dari perangkat
masukan
dan keluaran, seperti keyboard dan printer,
monitor.
b)
Storage Device (perangkat penyimpanan), Merupakan media untuk menyimpan data
seperti
disket, harddisk, CD.
c)
Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard,
card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut
juga dengan System Unit.
d)
Central Procesing Unit (CPU),adalah salah satu bagian komputer yang paling
penting,karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya
suatu komputer, jenis komputer,harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis
prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer,maka kemampuannya akan semakin
baik dan biasanya
harganya
akan semakin mahal.
2)
Software (perangkat lunak),merupakan program-program komputer yang berguna
untuk
menjalankan
suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulis dengan
bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
3)
Brainware (User), adalah personil yang terlibat langsung dalam pemakaian
komputer,seperti sistem analis,programmer, operator, user. Pada organisasi yang
cukup besar,masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang
dikenal dengan bagian EDP(Electronic Data Processing), atau sering disebut
dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
Secara
definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling
bekerja sama,dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan
informasi (output) serta terkoordinasi dibawah control program yang tersimpan
di memorinya.
1) Input
Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan
data ke dalam memori komputer,seperti keyboard, mouse, joystick
dan
lain-lain
2)
Prosesor (CPU), adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh
aktivitas
komputer
itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama,yaitu :
a)
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua
perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output
device.
b)
Arithmetic Logic Unit (ALU),merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah
data aritmatika (menambah, mengurang) serta data logika (perbandingan).
3)
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua
macam, yaitu :
a) Read
Only Memory (ROM),yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah
dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.
b)
Random Access Memori (RAM), RAM adalah memori yang dapat diakses secara random.
RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu
(power on)
jika
komputer kita matikan,maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.
Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.
PROM
(Programable ROM),yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan
catatan
hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
RPROM
(Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat
melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
EPROM
(Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali,
tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
EEPROM
(Electrically Erasable Program ROM),perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita
dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik.
4)
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan
keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau
keluaran berupa suara. Contohnya printer,speaker, plotter, monitor dan banyak
yang lainnya.
5) Bus
Interkonekasi, Untuk mencapai kecepatan operasi yang sesuai, komputer harus
diorganisasi sehingga semua unitnya dapat menangani satu word data penuh pada
waktu
tertentu.
1)
Keyboard
Keyboard
adalah piranti yang terdiri dari serangkaian tombol yang digunakan untuk
memasukan data ke komputer.Tombol pada keyboard dapat diklasifikasikan sebagai
berikut : Tombol alfanumerik (alphanumeric keys) yang terdiri dari huruf dan
angka.
Tombol
tanda baca (punction keys) yang terdiri dari tanda-tanya, titik, titik koma,
dan sebagainya.
Tombol
khusus (special keys) seperti tombol fungsi,tombol Control, tombol panah,
Tombol Caps Lock,dan sebagainya.
2) Mouse
Ada 2
jenis mouse yang beredar di pasaran yaitu mouse bola dan mouse sinar. Mouse
bola dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu tracking ball dan mouse biasa.Cara
kerja mouse tracking ball adalah dengan menggerakkan bola secara langsung
sedangkan mouse biasa dengan menggerakkannya. Mouse sinar bekerja dengan cara
menggunakan sinar infra merah yang ditembakkan ke atas keping khusus. sinar ini
digunakan untuk membaca kecepatan perubahan objek tersebut kemudian diadakan
cursor pada monitor. Yang termasuk jenis ini adalah mouse ballpoint berbentuk
pena.
3)
Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotocopy
hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan
dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat
disimpan
sebagai file text,dokumen dan gambar.
4)
Microphone
Microphone
hanya digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan Mic tentu saja
memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu
soundcard dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
5)
Touchpad
touchpad
dan perangkat sejenisnya,touchscreen. Touchpad adalah pad kecil yang dibuat
dari bahan pressure sensitive. Pada saat jari user atau ujung pena menyentuh
beberapa titik pada pad, tekanan tersebut menyebabkan perubahan karakteristik
listrik bahan pada titik
tersebut.
1)
Printer
Printer
adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan
mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari
komputer ke
media kertas
atau sejenis.
Printer Dot-Matrix
Printer Inkjet Inkjet
Printer Laser
2)
Monitor
CRT
LCD
4.
Prosesor (CPU)
CPU
adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi-instruksi yang diberikan
kepadanya. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa
komponen sebagai bagian dari struktur CPU, yaitu :
Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan
data
komputer.
ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini
mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti
istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika
boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol
komputer
sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan
fungsi-fungsi operasinya.Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah
mengambil instruksi- instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi
tersebut.
Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses
pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk
menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
CPU
Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen
internal
CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus
eksternal
CPU yang
menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti
masukan/keluaran
5.
Memori
Fungsi
unit memori adalah untuk menyimpan program dan data. Terdapat dua kelas
penyimpanan, primer dan sekunder. Penyimpanan primer adalah memori cepat yang
beroperasi pada kecepatan elektronik.
BAB II
Mikrokontroler
Mikrokontroler
adalah sebuah komputer kecil di dalam satu IC yang berisi CPU, memori, timer,
saluran komunikasi serial dan paralel, port input/output, ADC. Mikrokontroler
digunakan untuk suatu tugas dan menjalankan suatu program.
Keuntungan
menggunakan mikrokontroler adalah harganya murah,dapat diprogram berulang kali,
dan dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan.
Prosesor
atau mikroprosesor adalah suatu perangkat digital berupa Chip atau IC
(Integrated Circuit) yang digunakan untuk memproses data biner. Alat ini berisi
ALU (Arithmetic and Logic Unit), register-register, Control Unit dan sistem
interkoneksi atau BUS internal.
mikrokontroler
memiliki keunggulan berikut ini :
1) Harga
yang lebih ekonomis .
2)
Sistem yang jauh lebih kompak dan ringkas.
3)
Tingkat keamanan dan akurasi yang lebih baik.
4)
Kemudahan dalam penggunaannya untuk sistem yang berbasis mikrokontroler
Mikrokontroler
yang beredar saat ini dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan arsitekturnya
yaitu :
1) CISC
(Complex Instruction Set Computing) CISC memiliki jumlah instruksi yang lebih
banyak tetapi memiliki fasilitas internal yang minimal (seri AT89 memiliki 255
instruksi).
2) RISC
(Reduced Instruction Set Computing) RISC memiliki fasilitas internal yang lebih
banyak tetapi memiliki jumlah instruksi yang minimal (seri PIC16F hanya ada
sekitar 30 lebih instruksi).
jenis
mikrokontroler antara lain :
1) AVR
Mikrokonktroler
Alv and Vegards Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan
mikrokonktroler RISC 8 bit.
2)
MCS-51
Mikrokonktroler
ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC. Sebagian besar instruksinya
dieksekusi dalam 12 siklus clock.
3) PIC
Pada
awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller.
Tetapi pada perkembangannya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer.
PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh
Microchip Technology.
4) ARM
ARM
adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit RISC (Reduced Instruction
Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings.
Chip
mikrokontroler terdiri atas berbagai komponen yang terintegrasi antara lain
sebagai berikut :
a) Otak
mikrokontroler yang terdiri atas ALU, Instruction Decoder, Accumulator dan
Control Logic.
b)
Jantung mikrokontroler berasal dari detak OSC.
c) SFR
(Special Function Register) yang bertugas menyimpan data-data sementara selama
proses berlangsung).
d)
Instruction Decoder bertugas menerjemahkan setiap instruksi yang ada di dalam
Program
Memory
(hasil dari pemrograman yang kita buat sebelumnya).
e)
Memori RAM atau RAM Memory bisa digunakan sebagai tempat penyimpan sementara
f) ADC
atau Analog to Digital Converter (tidak setiap mikrokontroler memiliki ADC
internal), digunakan untuk mengubah data-data analog menjadi digital untuk
diolah atau diproses lebih lanjut.
g) Timer
atau Counter digunakan sebagai pewaktu atau pencacah,sebagai pewaktu fungsinya
seperti sebuah jam digital dan bisa diatur cara kerjanya.
h)
EEPROM (sama seperti RAM hanya saja tetap akan menyimpan data walaupun tidak
mendapatkan sumber listrik/daya) dan port-port I/O untuk masukan/luaran, untuk
melakukan komunikasi dengan periferal eksternal mikrokontroler seperti sensor
dan aktuator.
i) RISC
(Reduced Instruction Set Computing), memiliki fasilitas internal yang lebih
banyak tetapi memiliki jumlah instruksi yang minimal (seri PIC16F hanya ada
sekitar 30 lebih instruksi).
BAB III
Macam
Dan Jenis Komputer Terapan Jaringan
jaringan
komputer (computer networks) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah
komputer autonomous. Dalam bahasa yang popular dapat dijelaskan bahwa jaringan
komputer
adalah kumpulan beberapa komputer dan perangkat lain seperti printer, hub, dan
sebagainya yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara.
Keuntungan
utama dari penggunaan jaringan komputer adalah kemampuan resources
sharing,
yaitu kemampuan berbagi pakai sumber daya yang terdapat dan terhubung dalam
jaringan
komputer tersebut.
Berdasarkan
area, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis antara lain :
1) LAN
(Local Area Network) Local Area Network adalah jaringan lokal yang dibuat pada
area
tertutup, misalnya dalam satu gedung atau dalam satu ruangan.
2) MAN
(Metropolitan Area Network) Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN
merupakan
suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang
menghubungkan
berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran,pemerintahan, dan sebagainya.
3) WAN
(Wide Area Network) Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang
mencakup
area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau
bahkan
negara,
4)
Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia.
Berdasarkan
media penghantar, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis antara lain :
1) Wire
Network
Wire
Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media
penghantar
2)
Wireless Network
Wireless
Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang
radio atau cahaya infrared.
Berdasarkan
fungsinya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
1)
Client Server
Client
Server adalah jaringan komputer yang salah satu atau lebih komputer difungsikan
sebagai
server atau induk bagi komputer lain. Server melayani komputer lain yang
disebut client.
2) Peer
to Peer
Peer to
Peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server
sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari atau
ke komputer lain.
3)
Hybrid Network
Hybrid
Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi dan Teknologi.
BAB IV
Wireless
Dan Wired Network
Wired
Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media
penghantar.
1) Kabel
Twisted Pair
a) STP
(Shielded Twisted Pair),yaitu kabel twisted pair yang setiap pasangnya diberi
perlindungan lagi.
b) UTP
(Unshielded Twisted Pair), yaitu kabel twisted pair yang tidak diberi
perlindungan untuk setiap kabelnya.
a) Kabel
lurus (straight cable) untuk menghubungkan client ke hub, router, dan switch.
b) Kabel
silang (cross cable) untuk menghubungkan client ke client atau dalam kasus
tertentu
digunakan untuk menghubungkan hub ke hub.
2) Kabel
Coaxial
a)
Coaxial baseband, biasa digunakan untuk transmisi digital dengan resistansi 50
ohm.
b)
Coaxial broadband, biasa digunakan untuk transmisi analog dengan resistansi 75
ohm.
3) Fiber
optik
Prinsip
kerja fiber optik adalah mentransfomasikan data dengan pulsa cahaya dimana
pulsa
cahaya
dapat digunakan untuk mensinyalkan bit 0.
Wireless
adalah teknologi tanpa kabel,dalam hal ini adalah melakukan hubungan
telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti
kabel.
1) WiFi
Wifi
(wireless fidelity) adalah salah satu standar wireless networking, spesifikasi
transfer data wireless LAN.
a) Mode
infrastruktur,
menggunakan
access point yang berfungsi mengatur lalu lintas data, access point berfungsi
seperti pusat transfer data.
b) Mode
Ad-Hoc, merupakan koneksi antardevice WiFi peer to peer.
c) SSID
(Service Set Identifier)
SSID
merupakan Network ID atau nama untuk jaringan wireless dimana setiap jaringan
Wi-Fi harus memiliki SSID yang unik.
d) WEP
(Wired Equivalent Privacy)
WEP
merupakan sebuah fitur keamanan/security standar untuk peralatan wireless.
BAB V
LAN,
MAN, WAN, dan Internet
1. LAN
(Local Area Network)
1) Topologi
Bus
Menggunakan
sebuah kabel backbone dan semua host terhubung secara langsung pada kabel
tersebut.
2)
Topologi Star
Menghubungkan
semua komputer pada sentral atau kosentrator, biasanya kosentrator adalah
sebuah hub atau switch.
3)
Topologi Ring
Menghubungkan
host dengan host lainnya hingga membentuk ring atau lingkaran tertutup.
4)
Topologi Mesh / Fully-Mesh
Menghubungkan
setiap komputer secara point-to-point dimana semua komputer akan saling
terhubung
satu-satu sehingga tidak dijumpai ada link yang putus, topologi ini biasanya
digunakan pada lokasi yang kritis, seperti instalasi nuklir.
5)
Topologi Extended Star
Merupakan
topologi star yang telah dikembangkan. Idenya adalah menggabungkan beberapa topologi
star menjadi satu kesatuan. Alat yang digunakan untuk menghubungkan masing-masing
topologi star adalah hub atau switch.
6)
Topologi Hierarchical
Hampir
mirip dengan extended star. Perbedaannya terletak pada alat penghubung
masing-masing topologi star. Tidak menggunakan hub atau switch namun menggunakan
komputer sebagai kendali traffic pada topologi ini.
2. VLAN
(Virtual Local Area Network)
Salah
satu masalah yang dihadapi oleh LAN adalah tidak adanya mekanisme pengaturan
yang fleksibel sehingga administrator akan cukup sulit mengelompokkan masing-masing
host berdasarkan kategori tertentu.
3. PAN
(Personal Area Network)
PAN
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh beberapa buah komputer atau
antara komputer dengan peralatan non komputer seperti printer, mesin fax,
telepon seluler, PDA,
Handphone.
MAN bisa
saja berupa gabungan jaringan komputer beberapa sekolah atau beberapa kampus.
WAN
adalah sebuah jaringan komunikasi data yang tersebar pada suatu area geografik
yang besar seperti propinsi atau negara.
Istilah
internet berasal dari kata internetworking. Internetworking sendiri bisa
diartikan sebagai network dari network, yang berarti kumpulan dari
jaringan-jaringan yang menghubungkan komputer dari sistem yang berbeda-beda.
BAB VI
Piranti
Penyimpanan Dan Penyedia Data
1.
Memori
Memori adalah
pusat kegiatan pada sebuah komputer, karena setiap proses yang akan dijalankan,
harus melalui memori terlebih dahulu.
1)
Physical Memory
Phisycal
memory adalah memori yang terdapat pada komputer secara fisik, yaitu berbentuk
modul
memori (RAM). Memori ini digunakan untuk mengolah data.Instruksi dan data yang
akan ditampilkam ke layar monitor.
2)
Virtual Memory
Virtual
memori merupakan memori bayangan karena secara fisik memori ini tidak ada di
mainboard komputer.
Cache
memory adalah memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih
mahal dibanding memori utama. Cache memori terletak diantara memori utama dan
register CPU, dan berfungsi agar CPU tidak langsung mengacu ke memori utama
tetapi di cache memori yang kecepatan aksesnya lebih tinggi.
ROM
(Read Only Memory)
Read
Only Memory (ROM) merupakan jenis memori non volatile dimana data yang
tersimpan dalam memori tidak akan hilang saat tidak terhubung ke pasokan catu
daya
RAM
Random
access memory (RAM) adalah tempat didalam komputer dimana OS, program aplikasi
dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat
oleh prosesor.
Harddisk
Hardisk
Drive adalah media penyimpanan utama yang digunakan pada komputer dengan
kapasitas penyimpanan yang besar dan bersifat non volatile.
Optical
Disk
Perangkat
penyimpanan besar dapat pula diterapkan menggunakan alat optik.Compact disk
(CD) lazim, yang digunakan dalam sistem audio
BAB VII
Piranti
Pendukung Jaringan Komunikasi Data
NIC
(Network Interface Card)
Perangkat
keras sebuah jaringan meliputi seluruh komputer, kartu antarmuka (interface
cards) dan perangkat lain yang diperlukan dalam pengolahan data dan komunikasi
pada sebuah jaringan.
Network
interface card adalah kartu (papan elektronik) yang ditanam pada setiap
komputer yang terhubung ke jaringan.
macam
NIC
1)
Ethernet Card
2) Token
Ring Card
Hub
Secara
sederhana, hub adalah perangkat penghubung. Pada jaringan bertopologi star, hub
adalah
perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini
komputer
yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan.
Switch
Switch
adalah perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan
pada
switch,
yaitu cut-through dan store-and-forward.
Bridge
Bridge
adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah.Bridge
bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet)
atau tipe jaringan yang sama.
Router
Router
bekerja dengan cara yang mirip dengan bridge.Perbedaannya, router menyaring
(filter) lalu lintas data.
1) DHCP
Server
DHCP
merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan alokasi IP secara otommatis
sehingga
pengguna komputer client tidak perlu melakukan konfigurasi IP secara manual.
2)
Firewall
Firewall
merupakan perangkat lunak untuk keperluan keamanan,biasanya digunakan untuk
mengatur
akses keluar masuk jaringan lokal.
3) NAT
(Network Address Translation)
NAT
merupakan suatu teknik yang memungkinkan komputer komputer dengan IP address
private
atau lokal tetap dapat mengakses internet (IP address public)
4) ADSL
(Dial up modem)
Access
point memiliki fitur sebagai modem sehingga akses internet lewat provider dapat
dilakukan
tanpa bantuan modem tambahan.
5)
Wireless Bridge
Fitur
ini memungkinkan access point untuk menghubungkan satu jaringan wireless dengan
jaringan wireless lainnya.
BAB VIII
Router
1.
Router
Router
adalah sebuah komputer khusus, router mempunyai komponen-komponen dasar yang
sama dengan PC desktop.
Komponen
Router
Komponen
utama dari sebuah router antara lain :
1) RAM (Random
Access Memory)
2) NVRAM
(Nonvolatile RAM)
3) Flash
Memory
4) ROM
(Read Only Memory)
5)
Interface
6) CPU
(Central Processing Unit)
7) Bus
8) Port
Console atau AUX
9) Power
Supply
1) ROM
Monitor
ROM
monitor digunakan untuk proses bootstrap dan memberikan fungsi level rendah dan
untuk keperluan diagnosa.
2) Boot
ROM
Pada
saat router jalan di ROM mode, hanya beberapa fitur IOS yang bisa jalan.
3) Cisco
IOS
Normalnya
router menggunakan full Cisco IOS image yang tersimpan di flash.
Mikrotik
terbagi dalam dua jenis yaitu :
1)
Mikrotik RouterOS
2) Built
In Hardware Mikrotik
BAB IX
Peripheral
Jaringan Pada Komputer Terapan
1. UART
(Universal Asynchronous Receiver Transmitter)
Universal
Asynchronous Receiver /Transmitter (UART) adalah komponen kunci dari subsistem
komunikasi serial dari sebuah komputer.
2. USART
(Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter)
USART
merupakan komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi, yang dapat digunakan
untuk melakukan transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan
modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki fitur UART.
3. SPI
(Serial Peripheral Interface)
Serial
Peripheral Interface (SPI) adalah protokol data serial sinkron yang digunakan
oleh mikrokontroler untuk berkomunikasi secara cepat dengan satu atau lebih
perangkat periferal jarak pendek.
4. SCI
(Serial Communication Interface)
SCI
adalah perangkat yang memungkinkan pertukaran data antara mikroprosesor dan
peripheral lain seperti printer, drive eksternal, scanner, atau mouse.
5.
Sinyal Analog Dan Sinyal Digital
Berdasarkan
bentuknya, data dan sinyal dapat dibedakan ke dalam data dan sinyal analog atau
data dan sinyal digital.
6.
Analog to Digital Converter (ADC)
Sinyal
di dunia nyata adalah analog: cahaya, suara. Jadi, sinyal dunia nyata harus
diubah menjadi digital, menggunakan sirkuit yang disebut ADC(Analog-to-Digital
Converter).
7.
Digital to Analog Converter (DAC)
DAC
adalah perangkat untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi
sinyal keluaran dalam bentuk analog (tegangan, arus,muatan listrik).
BAB X
Protokol
Komunikasi Komputer Terapan
Protokol
adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya
hubungan,
komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
1.
RS-232
Protokol
RS232 merupakan protokol serial yang digunakan untuk berkomunikasi antara
perangkat/instrumen dengan komputer melalui Port COMM.
2.
RS-485
RS485
atau EIA (Electronic Industries Association) RS485 adalah jaringan balanced
line dan dengan sistem pengiriman data secara half-duplex.RS485 bisa digunakan
sebagai jaringan
transfer
data dengan jarak maksimal 1,2 km.
3. USB
(Universal Serial Bus)
Universal
Serial Bus (USB) adalah salah satu standar interkoneksi antara komputer dengan
peralatan eksternal yang mampu mendukung kecepatan di atas 1 Mbps.
4.
Ethernet
Ethernet
merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan
komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo
Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
5. IEEE
802.11
EEE
802.11 merupakan standar untuk penerapan jaringan wireless dengan band
(Frekuensi) 2,4 3,6 dan 5 Ghz. Hal tersebut dibentuk dan di pantau oleh IEEE
LAN/MAN Standart Committee (IEEE 802).
6.
TCP/IP
EEE
TCP/IP Sejarah TCP/IP dimulainya dari lahirnya ARPANET yaitu jaringan paket
switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects
Agency) pada tahun 1969.
Pada
TCP/IP terdapat 5 lapisan,antara lain :
o
Physical Layer
o
Network Access Layer
o
Internet Layer
o
Transport Layer
o
Application Layer
BAB XI
Kinerja
I/O Bus
1. Bus
Komputer
tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori,perangkat I/O
dimana setiap komponen saling berhubungan untuk membentuk kesatuan fungsi.
Prosesor, memori, dan perangkat I/O dapat diinterkoneksikan dengan rnenggunakan
bus bersama
yang
fungsi utamanya adalah menyediakan jalur komunikasi untuk transfer data.
2.
Struktur Bus
Komputer
merupakan gabungan dari modul-modul antara lain CPU, memori dan perangkat I/O
yang saling berkomunikasi, kumpulan lintasan atau saluran berbagai modul
disebut struktur interkoneksi dimana rancangan struktur interkoneksi sangat
bergantung pada jenis dan karakteristik pertukaran datanya.
1)
Saluran Data
Saluran
data (data bus) adalah lintasan bagi perpindahan data antar modul.
2)
Saluran Alamat
Saluran
alamat (address bus) digunakan untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data pada
bus data.
3)
Saluran Kontrol
Saluran
kontrol (control bus) digunakan untuk mengontrol bus data, bus alamat dan seluruh
modul
yang ada.
Jenis-Jenis
Bus
1) Bus
ISA
2) Bus
PCI
3) Bus
USB
4) Bus
SCSI
5) Bus
P1394 / Fire Wire
Secara
umum klasifikasi transfer data melalui bus dapat diklasifikasikan menjadi skema
synchronous
dan asynchronous.
0 komentar:
Posting Komentar